SMA/SMK di Surabaya Bisa Gratis, Asal....

 

 

frangkychandra.com – Kader PDI Perjuangan Jawa Timur sekaligus Dewan Pembina Pusat Barisan Relawan Ganjar Presiden (Bara GP), Frangky Chandra menegaskan Pendidikan jenjang SMA di Jawa Timur khususnya Surabaya bisa digratiskan.

’’Asal Gubernur dan Walikotanya berasal dari PDI Perjuangan. Itu bisa,’’ kata Frangky Chandra saat temu warga di Kawasan Kepatihan Surabaya, semalam.

Mengapa demikian?

Frangky menilai, partai berlambang kepala banteng moncong putih ini sudah membuktikan perjuangan di bidang Pendidikan melalui kader-kader terbaik yang duduk menjadi Kepala Daerah.

Perlu diketahui, program pendidikan gratis di Surabaya sejatinya dimandegani era Bambang DH saat menjadi Walikota Surabaya. Saat itu, mulai SD hingga SMA siswa tidak membayar biaya sekolah.

Era tersebut berlanjut di masa kepemimpinan Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana (almarhum).

Hingga akhirnya pemberlakuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 disahkan, pengelelolaan SMA/SMK secara praktis yang tadinya dibawah wewenang Dinas Pendidikan Surabaya diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Politisi berlatar belakang pengusaha interior dan desain ini menerangkan, jumlah proporsi keberadaan sekolah SMA di Surabaya sebarannya masih belum merata.

Meski dikatakan Frangky Chandra, pemberlakuan sistem zonasi dilakukan sebagai bentuk pemerataan siswa. Namun, masih belum maksimal.’’Karena jumlah sekolahnya sebarannya tidak merata. Jadi sistem zonasi akhirnya juga belum maksimal,’’ ungkap dia.

Ia bahkan bercita-cita untuk membangun sekolah yang nantinya akan didedikasikan bagi Pendidikan di Surabaya.’’Saya sudah meminta masukan berbagai pihak, termasuk pak Ketua DPC (Adi Sutarwijono). Beliau merespon positif,’’ ungkap Frangky Chandra.

Untuk mewujudkan hal itu, proses ikhtiar melalui pemilihan legislatif DPRD Provinsi Jawa Timur dari Dapil Jatim-1 (Surabaya), menjadi langkah awal mewujudkannya.

’’Jika memang sudah terpilih dan jadi salah satu program itu yang saya wujudkan. Mohon doanya,’’ pungkas Arek asli Mulyorejo Surabaya itu.(bud)