(Jika) Menjadi Anggota Dewan Jatim, Ini Lho Tugas Frangky Chandra

frangkychandra.com - Ratusan bahkan ribuan relawan Frangky Chandra mendoakan dan mendukung penuh, agar duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Jika terpilih nanti, lantas apa tugas dan wewenang Frangky Chandra sebagai Legislator Dewan Jatim?

Legislatif bertugas untuk membuat undang-undang, bidang legislatif adalah DPR. Selain itu, Sebagai anggota dewan juga bertugas dalam memonitoring kinerja eksekutif.

Dan Terakhir tak kalah pentingnya. Sebagai Representasi Wakil Rakyat, bertugas untuk turun kebawah (Turba). Yakni, menyerap aspirasi, persoalan sosial dan merumuskan hasil dari kondisi di masyarakat dalam sebuah kebijakan.

Berdasar Teori Pemisahan Kekuasaan Montesquieu The Spirits Of Laws (1748), kekuasaan dipisahkan menjadi tiga bagian. Yakni; Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif.

Dalam analisa Dr Ahmad Redi, S.H., M.H., berjudul Sistem Penyelenggaraan Negara Berdasarkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, hubungan ketiganya bersifat linear atau sejajar.

Dalam tugas dan fungsi sistem Trias Politica dijabarkan bahwa kedudukan sejajar yang dimaksud adalah, hubungan yang bersifat fungsional, Pengawasan, berkaitan dengan penyelesaian sengketa dan Pelaporan atau pertanggung jawaban.

Jadi, setiap anggota dewan wajib untuk memperjuangkan segala aspirasi dan kondisi permasalahan sosial yang terjadi. Tentunya pengawalan program-program tersebut telah dibahas dan disetujui oleh masing-masing Fraksi untuk disampaikan dalam Rapat Paripurna.

Tentunya pembahasan tersebut melibatkan Eksekutif dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur selaku eksekutor dalam program yang telah digedok.

Sehingga, kebijakan lahir dari sinergisitas antar lembaga. Soal terealisasi atau tidak, Walla Hu Alam. Sebab, tidak hanya satu Fraksi saja yang mengedepankan program berbasis kerakyatan dan pembangunan. 

Dari situs resmi website DPRD Provinsi Jawa Timur, ada sembilan fraksi (termasuk Fraksi Gabungan) yang berhasil meraih kursi anggota dewan pada Pemilu sebelumnya.

Nah, disitulah lobby dan dinamika politik sebenarnya terjadi begitu penting. Sebagai Wong Cilik kita juga tidak bisa terlalu naif menilai sosok anggota dewan atau partai seakan lupa terhadap janji politik pada masa kampanye.

Sebab, pertaruhan dan pertarungan program yang dikawal tidak semudah memutuskan kita mau makan menu apa di sebuah Warteg.

Diharapkan sosok Frangky Chandra, dengan segala ketulusan dan niat baik serta kegigihannya dalam kemanusiaan dapat mengawal program yang disampaikan kepada masyarakat nantinya. Amin

Saat ini, posisi  Frangky Chandra adalah politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang tengah berjuang dalam kontestasi sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Jawa Timur daerah pemilihan Jatim-1 (Surabaya).(eja)